Julukan Mahasiswa

Jika ada orang mengatakan mahasiswa terdiri dari orang-orang yang berintelektual dan multitalenta, tidak salah juga tidak selalu benar. Kita tahu, dalam perguruan tinggi bukan saja diisi oleh orang-orang yang memiliki kemampuan lebih disegi akademik. Artinya beranekaragam karakter dan kemampuan bawaan mahasiswa. Itu terlihat dari kepribadian serta kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa itu tersendiri.
Kita ketahui, ada mahasiswa yang beraktifitas, berekspresi di organisasi dalam dunia kampus. Mahasiswa selain kuliah juga sibuk dengan rapat ini kerab dengan gelar sebagai mahasiswa kura-kura. Dibalik mengembangkan minat serta bakat yang dimiliki, juga menyambung lidah untuk menyurakan apresiasi mahasiswa lainnya. Tapi ada juga mahasiswa yang cuek dengan keadaan lingkungan kampus. Mahasiswa ini bergelar kupu-kupu, yang hanya terfokus pada akademik, tujuannya kuliah, mencari nilai tinggi dan cepat wisuda semata. Biasanya mahasiswa seperti ini unggul disegi akademik, namun kurang soft skill lainnya.
Nah, tentunya dari karakter yang dimiliki mahasiswa tadi, mempunyai jalur yang berbeda. Baik dari segi proses, perjalanan, serta bentuk kesuksesannya masing. Memang, tidak ada yang bisa menentukan yang yang pantas sukses atau tidak, tapi yang jelas kesuksesan itu perlu dijemput. Mustahil rasanya, jika kesuksesan datang tiba-tiba, secara instan, tanpa ada usaha.
Jelasnya, mahasiswa harus kreatif menentukan jalannya sendiri. Kesuksesan itu ditentukan oleh orang yang menjalani, bukan tergantung apa yang dijalani. Mahasiswa sudah cukup cerdas dunia kerja mana yang ingin dimasukinya. Setiap dunia kerja punya ciri masing-masing, baik dari segi penerimaan, proses kerja, dan sebagainya. Tentu, tidak hanya dilihat prestasi akademik, namun juga perlu soft skill lainnya, begitu juga sebaliknya. Pilihlah sesuai keingin kita, bukan keinginan orang lain. Ingat! Hidup itu pilihan.
Wahyu Saputra
Mahasiswa Pend. Bahasa dan Sastra Indonesia, FBS UNP.
Share:

No comments:

Post a Comment

Biasakan Tinggalkan Komentar Setelah Baca. Terima Kasih !

TERKINI

POPULER

TERKINI

Ragam