Entrepreneur dan Cinta Sejati


ENTREPRENEUR DAN CINTA SEJATI

Judul               : Empat Sekawan dan Cinta
Pengarang      : Antonius Tanan dan Fanny J Poyk
Penerbit          : Elex Media Komputindo
Tebal               : 218 Halaman
Harga              : Rp. 39.800,-

Buku yang berjudul Empat Sekawan dan Cinta merupakan buah karya dua orang penulis yang menceritakan tentang perjalanan hidup entrepreneur. Buku yang mengisahkan tentang Empat sekawan ini banyak mengandung nilai sosial dan motivasi. Cerita di dalam buku ini pada umumnya berlatarkan daerah Kota Jakarta. Penulis merangkai kata dengan luar biasa, menggunakan bahasa yang ringan dan sangat mudah dimengerti.
Awal kisah di dalam cerita ini pertemuan Empat orang remaja, terdiri dari Aldo, Alex, Arman, dan Adhi. Semua namanya berawalan A dan dengan tanggal lahir yang berdekatan pada bulan Agustus, sehingga mereka memberi nama Klub Agustus. Mereka mulai saling mengenal ketika masuk ke salah satu Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Jakarta. Latar belakang yang berbeda membuat mereka saling akrab dan saling mengisi satu sama lain hingga ke Sekolah Menengah Atas (SMA).

Pada umumnya di dalam buku ini banyak menceritakan tokoh Alex. Dia mengikuti kedua orang tuanya pindah ke Jakarta. Alex digambarkan remaja yang tampan, kurus serta tidak terlalu mementingkan penampilan. Alex merupakan tipe seorang remaja yang suka bekerja keras. Alex selalu membantu orang tuanya di Toko Kelontong, penjual koran, dan pengantar susu di lingkungan tempat tinggalnya.
Semenjak ketiga temannya tahu kegiatan Alex, ketiga temannya pun akhirnya juga berinisiatif untuk menolong dengan mencari kerja sampingan. Diantara mereka ada yang bekerja sebagai pengantar koran, sebagai buruh bangunan dan sebagainya. Hal itulah yang membuat mereka sepakat untuk menabung bersama. Mereka akhirnya bisa menolong orang lain dan terkenal kiprahnya di sekolah.
Suatu ketika cobaan datang kepada Alex ayahnya meninggal dunia. Untungnya, Alex masih mempunyai ketiga sahabatnya yang selalu siap membantu dan rela bekerja sepulang sekolah. Selain itu ibu dan adiknya harus berjuang keras untuk bertahan hidup. Cobaan demi cobaan datang menerpa kehidupan Alex dan ibunya difitnah sebagai seorang pelacur, namun Alex selalu tegar menghadapinya. Semangat ibu dan adiknya serta ketulusan sahabatnya membuat Alex semakin bulat menjadi seorang Entrepreneur.

Alex juga seperti remaja pada umumnya. Di SMA dia juga pernah memendam rasa cinta kepada seorang perempuan, yang bernama Hastuti. Cintanya hanya sebatas mimpi karena dia anak orang miskin terhalang oleh Pramono, anak pejabat yang kaya raya. Setelah kejadian itu, Alex hanya fokus menekuni Entrepreneurnya tanpa harus memikirkan masalah cinta. Alex semakin benci dengan kemiskinan, dia terus berusaha untuk menjadi kaya raya agar tidak ada lagi yang bisa merendahkannya.
Alex semakin giat menekuni bidang Entrepreneur dengan memulai bekerja dan belajar pada para pengusaha di daerahnya. Ketekunan Alex membuatnya semakin matang dan sangat berbeda dari remaja lainnya. Usaha Ibunya semakin berkembang membuat Alex dan ibunya semakin giat berusaha. Selain itu, ketiga sabahatnya selalu datang membantu setelah pulang dari sekolah. Alex mulai sibuk dengan usahanya, namun pelajaran di sekolah tidak pernah ditinggalkannya, nilainya selalu bagus.
Akhirnya, Alex dan ketiga sahabatnya lulus dari SMA. Empat sekawan tersebut harus berpisah dan berjanji akan bertemu kembali setelah berusia 40 tahun. Keempat sahabat tersebut memilih jalan hidup sesuai cita-citanya masing-masing. Rintangan demi rintangan mereka hadapi demi cita-cita. Waktu demi waktu, setelah mereka berusia 40 tahun, akhirnya mereka dipertemukan kembali. Semuanya pun telah menjadi orang yang sukses.
Diantara Empat sekawan itu, yang paling sukses dan mampu dinobatkan sebagai Indonesia Young Entrepreneur of The Year. Dibalik itu semua, Alex jugalah yang belum mempunyai pasangan hidup. Ketiga sahabatnya yang hidup sederhana atau lebih dari cukup, namun mereka telah mempunyai istri dan beberapa orang anak. Pertemuan tersebut membuat ketiga sahabat Alex ingin mengikuti jejak Alex sebagai Entrepreneur sesuai hobinya masing-masing. Pertemuan mereka itu jugalah yang mempersatukan Alex dengan seorang Pramugari cantik bernama Aryani, adik Aldo yang selama ini memendam cinta kepada Alex.
Kisah di dalam buku ini sangat memotivasi sekaligus ada kesan romantisnya. Buku ini sangatlah menarik dibaca bagi semua entrepreneur, apalagi bagi orang yang menyukai persahabatan dan ketekunan. Kerja keras untuk mendapatkan hasil yang diimpikan, pantang menyerah yang digambarkan oleh Alex dalam buku ini. Keinginan kuat untuk belajar, kerja keras, pantang menyerah itu yang harus dimiliki oleh entrepreneur sejati. Entrepreneur sejati adalah mereka yang gagal sepuluh kali, namun bangkit sebelas kali.

Resensi ini pernah dimuat di Media Harian Singgalang, 25 November 2012
Resensiator: Wahyu Saputra
Share:

2 comments:

  1. makasi ya, sangat berguna banget artikelnya *smile ^_^

    ReplyDelete
  2. Ok, sama-sama. Yang satu ini bukan jenis artikel, tapi resensi.

    ReplyDelete

Biasakan Tinggalkan Komentar Setelah Baca. Terima Kasih !

TERKINI

POPULER

TERKINI

Ragam