Destinasi Taplau Padang dengan Seribu Pesona

Wajah baru Pantai Padang yang bersih dan asri. (dokumen pribadi)
Oleh Wahyu Saputra

PADANG- Siapa yang tidak kenal dengan kota Padang, yang sangat terkenal di ranah Minangkabau. Siapa pula yang tidak ingat dengan nama Siti Nurbaya, sebuah cerita lama dengan hikayat cinta yang ternama. Apabila ingat Siti Nurbaya, tentu juga akan ingat dengan kota Padang tercinta. Begitu pula sebaliknya, bila menyebut kota Padang pasti terbayang Siti Nurbaya dengan kisah cintanya. Siti Nurbaya sangat erat pautannya dengan kota Padang.

Semua orang tahu, bahwa kota Padang merupakan salah satu daerah terbesar di pantai barat Pulau Sumatera sekaligus ibu kota dari provinsi Sumatera Barat (Sumbar). Padang sendiri merupakan pintu gerbang barat Indonesia dari Samudra Hindia. Padang merupakan Daerah dengan jumlah penduduk paling banyak di provinsi Sumbar. Berdasarkan sensus penduduk yang dilakukan Badan Pusat Statistik (BPS).

Kawasan Pantai di Muaro Gunung Padang mulai tampak asri dan indah. (dok. pribadi)
Kota Padang menjanjikan seribu cerita dengan pesona pantainya yang indah. Dengan kekayaan dan keindahan alam yang dimilikinya, Padang semakin berbenah dan semakin berkembang tiap tahunnya, bahkan mulai mampu bersaing dengan kota-kota besar lainnya di Indonesia. Pesatnya penduduk kota Padang, tidak membuat masyarakat kota Padang kehilangan kearifan lokalnya. Perkembangan zaman membuat kota Padang sebagai kota kenangan yang tidak akan hilang eksistensinya dalam segala modernitas dan masyarakat kekinian.

Arena Wisata Keluarga
Salah satu destinasi yang memukau di kota Padang ialah pantai Padang, yang dikenal dengan sebutan Taplau (Tapi Lauik) bagi masyarakat kota Padang. Berbagai keindahan pun sudah bisa dinikmati pengunjung dengan damai. Pasalnya, Pantai Padang (Taplau) akan memanjakan pengunjung dengan keindahan lautnya, deburan ombaknya, serta arenanya yang bersih. Wajah baru Taplau Padang semakin menjanjikan dan menjinakkan mata.

Muaro Lasak, kawasan pantai wisata keluarga yang bersih. (dok. pribadi)
Pemerintah Kota (Pemko) Padang sudah memulai membuat konsep dengan menjadikan Taplau sebagai wisata keluarga, dengan keamanan, kenyamanan, keindahan, keasrian yang dimiliki Taplau. Hal ini dilakukan agar wisatan lokal atau asing aman untuk membawa keluarga berkunjung ke Taplau, bahkan juga tersedia tempat permainan anak-anak di kawasan Danau Cimpago, Pantai Purus Padang.

Bagi pengunjung yang ingin berwisata dengan keluarga, Taplau Padang bisa menjadi salah satu tempat yang cocok. Di Taplau Padang, selain Tugu IORA juga terdapat Taman Muaro Lasak, yang indah dan asri. Taman ini tepat terletak di samping Museum Tugu Perdamaian, yang telah diresmikan Joko Widodo awal tahun lalu. Kawasan Taman ini sebagai solusi tepat menghabiskan liburan bersama keluarga tercinta.

Destinasi dan pesona yang dimiliki Taplau Padang cukup memukau ini sebagai tempat liburan dan hiburan bagi masyakarat Sumbar, bahkan bagi masyarakat dari luar Sumbar, seperti Bengkulu, Riau, Jambi, Medan, bahkan dari daerah pulau Jawa. Keindahan Taplau semakin memukau dengan adanya tulisan Kota Padang dan monumen IORA di depan Danau Cimpago, serta berdiri dengan indahnya Museum Tugu Perdamaian di Muaro Lasak Pantai Padang, tempat perhelatan Festival Siti Nurbaya (FSN) 2016.

Monumen Tugu Perdamaian luas, bersih, dan nyaman. (dok. pribadi)
Pengujung bisa mengabadikan momen penting dengan sahabat, teman, keluarga, bahkan dengan pasangan tercinta di tempat strategis tersebut dengan bebas, baik menggunakan kamera pribadi atau telepon genggam. Jika pengunjung tidak mempunyai peralatan yang memadai, jangan cemas, karena di area Taplau selalu siap siaga fotografer khsusus untuk pengunjung mengabadikan momen, hanya dengan biaya Rp 10.000/lembar.

Arena Wisata Luas


Danau Cimpago, area permaian wisata air. (dok. pribadi)

Area parkir yang luas dan aman. (dok. pribadi)


Area bermain yang luas. (dok. pribadi)



Kawasan Tugu Perdamaian bersih dan luas. (dok. pribadi)

Beragam Kuliner Khas Padang
Selain itu, di Taplau pengunjung atau wisatawan bisa menikmati beragam kuliner khas kota Padang. Bukan hanya bisa menikmati rendang di rumah makan di sederatan Taplau, tapi juga bisa menikmati kuliner khas yang sulit dijumpai di daerah lain. Adapun kuliner yang kerap dijumpai di Taplau, ialah Langkitang, Pensi, Kerupuk Kuah, Jagung Bakar, Pisang Bakar, dan berbagai makanan khas lainnya.
Memang, mungkin makanan serupa bisa pengunjung temui di daerah lain di Sumbar bahkan di luar Sumbar, tapi sajian kuliner khas Taplau kota Padang ini menyajikan rasa yang berbeda. Langkitangnya yang rasanya "maknyus", dan Kerupuk Kuah dengan kuahnya yang kental dengan ciri kuah Sate Padang tentu memberi sensasi yang berbeda.

Tempat pedagang sudah tertata rapi. (dok. pribadi)

Bermacam kuliner makanan dan minuman tersedia,
termasuk kelapa muda. (dok. pribadi)

 Taplau Padang Aman
Segala sesuatu butuk kenyamanan dan keamanan, begitu pula dengan tempat wisata. Pengunjung tidak lagi perlu khawatir dengan kenyamanan di Taplau Padang. Kekhawatiran yang ditakuti selama ini sudah hilang dari permukaan Taplau Padang, sudah jauh dari pemalak liar, pengamen sudah mulai kurangnya, sehingga pengunjung bisa bersantai menikmati ombak laut sekaligus bisa "menghisap" Langkitang bersama orang-orang tercinta dengan aman.
Area jalan luas, bersih, dan mulus. (dok. pribadi)

Jembatan dua jalur, sudah bebas dari kemacetan. (dok. pribadi)
Jika pun ada pengunjung  yang kena "palak" oleh oknum tertentu, bisa dilaporkan langsung ke tim keamanan Taplau Padang. Pemerintah kota Padang sudah membuat peraturan untuk biaya parkir yang hanya Rp 2000 untuk motor, dan Rp 5000 untuk mobil, begitu pula dengan standar harga makanan di sepanjang Taplau. Tim keamanan kota Padang selalu siap siaga di sekitaran Taplau, baik Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), bahkan dari jajaran polisi dari Polresta dan Polsek siap beraksi demi keamanan pengunjung di kawasan Taplau.

Bagi pengunjung ingin menikmati suasana tenang, menikmati ombak laut, bisa datang pukul 6.00 pagi, agar terhindar dari segala keramaian. Namun jika pengunjung suka menikmati keramaian, bisa berkunjung sore hari, berkisar pukul 15.00 hingga 18.00. Jika pengunjung ingin menikmati suasana malam hari, kawasan Taplau masih ramai hingga pukul 11.30, bahkan larut malam. 

Tim keamanan dari Polres dan Polsek kota Padang yang siaga
di kawasan Taplau Padang. (dokumen pribadi)
Selain Taplau, kota Padang juga menjanjikan berbagai kawasan wisata lainnya, yang bisa dikunjungi, seperti Pantai Nirwana, Pantai Air Manis, Pantai Pasir Jambak, Pantai Caroline, Air Terjun Sarasah, Jembatan Siti Nurbaya, Museum Aditiya Warman, dan Masjid Raya Sumbar yang berdiri megah di jalan Khatib Sulaiman Padang. *

____________________________________________
# Tulisan ini untuk diikuti Lomba Blog Festival Siti Nurbaya


_________________________________________________________________________________
Berikut tempat wisata kota Padang yang dihimpun dari berbagai sumber.
Pantai Nirwana
Pantai nirwana merupakan salah satu tempat wisata di padang yang menyajikan panorama pantai yang sangat memukau. Pantai yang terletak sekitar 14 km ini menjadi salah satu destinasi wisata pantai padang yang sering dikunjungi. Pantai nirwana ini sangat terkenal dengan panorama sore dan malamnya yang memukau. 

Pantai Air Manis
Pantai Aie Manih atau biasa disebut dengan pantai air manis merupakan salah satu pantai yang paling terkenal sebagai tempat wisata di Padang. Pantai ini sengat terkenal dengan legenda Malin Kundang yang dikutuk menjadi batu karena jika anda mengunjungi pantai ini maka anda akan menemukan batu Malin Kundang yang ada di pantai. 

Pantai Pasir Jambak
Pantai Pasia Jambak Terletak 20 Km dari pusat kota arah ke utara melalui jalan raya Padang-Bukittinggi, pada Km ke 14 berbelok ke kiri menuju ke pantai Pasir Jambak. Pantai ini berpasir putih, lebar, landai dan dipenuhi oleh pohon-pohon kelapa. Tersedia fasilitas wisata berupa pintu gerbang, tempat parkir, panggung hiburan, warung makanan, home-stay, gazebo, dan penyewaan perahu.
Pantai Caroline
Merupakan obyek wisata pantai yang dilengkapi dengan fasilitas penginapan, cottage, restoran, panggung kesenian, dan taman bermain yang cukup luas. Terletak di Teluk Bungus, 25 km di selatan Kota Padang, dapat dicapai dengan taxi atau angkot jurusan Bungus. Dari Pantai ini wisatawan juga dapat menyewa motor boat atau perahu nelayan untuk pergi ke pulau-pulau karang yang berada di depannya.

Air Terjun Sarasah
Objek wisata ini juga terletak di Ulu Gadut, tepatnya di kaki Bukit Sarasah, Desa Koto Baru, Kel. Limau Manis Selatan, Kec. Pauh. Air terjun ini mempunyai ketinggian + 60 meter. Dibanding dengan Air Terjun Sikayan Balumuik objek wisata ini paling banyak pengunjungnya. Selain jaraknya relatif dekat yaitu 2 km dari LIK Gadut, juga medannya tak begitu sulit untuk ditempuh. Perjalanan ke lokasi ini hanya menempuh waktu + 40 menit. 

Jembatan Siti Nurbaya
Berkunjung ke kota Padang maka belum lengkap rasanya jika belum menikmati keindahan jembatan siti nurbaya. Jembatan dengan panjang kurang lebih 60 meter yang menghubungkan kota tua Padang dengan Taman Siti Nurbaya ini merupakan jembatan ikonik yang namanya diambil dari cerita terkenal Siti Nurbaya. Membentang gagah sejauh 260 meter, jembatan ini menjanjikan panorama yang memukau ketika senja mulai datang. 

Taman Siti Nurbaya
Taman Wisata Siti Nurbaya merupakan salah satu destinasi yang lumayan memikat di Kota Padang. Paduan antara ketinggian, lebatnya hutan dengan pemandangan laut luas menjadi ciamik di taman ini. Taman Wisata Siti Nurbaya hanya berjarak 15 km dari pusat kota Padang. Bisa diakses melalui Jembatan Siti Nurbaya yang hanya berjarak 500 m. Selain itu, dari bawah bukit hingga puncak Gunung Padang, Anda dapat mendaki melalui jalur-jalur tangga yang telah tersedia sejauh 1 km.

Museum Adityawarman
Museum Adityawarman salah satu museum yang paling terkenal di kota Padang. Museum yang telah menjadi ikon di kota Padang ini merupakan tempat wisata di Padang yang wajib anda kunjungi. Museum Adityawarman yang dibangun pada tahun 1974 juga merupakan Taman Mini-nya kota Padang dimana terdapat berbagai jenis benda peninggalan sejarah kota Padang.

Masjid Raya Sumatera Barat
Saat liburan ke Kota Padang, cobalah mampir ke Masjid Raya Sumatera Barat yang punya arsitektur unik dan mampu menampung 20.000 jamaah. Tempat ibadah sekaligus arsitektur ini dirancang tahan gempa, namun tetap sangat megah. Masjid ini berada di tempat paling stategis, persis di jantung ibu kota. Tepatnya, di persimpangan antara Jalan Khatib Sulaiman dan Jalan KH Ahmad Dahlan, Kecamatan Padang Utara, Kota Padang.*

Share:

8 comments:

  1. kereennn, miang bukan hanya imdah tapi juga menawan

    ReplyDelete
  2. makanannya enak kayaknya tuuu

    ReplyDelete
  3. fotographer nya jelek banget yakkkk. yhuuuu, tapi yg difotonya keren keren

    ReplyDelete
  4. Replies
    1. Waaah...ada yang bilang jelek nih. Tapi emang jelek sih.. hahaa

      Delete
  5. fotografer kok kerenn gitu yaaaa

    ReplyDelete
  6. hasilnya jepretennya cantik cantik ya, sama kayak akuu wkwkwk

    ReplyDelete

Biasakan Tinggalkan Komentar Setelah Baca. Terima Kasih !

TERKINI

POPULER

Ragam

TERKINI