#BatikIndonesia Warisan Dunia dari Indonesia


Batik Indonesia mendapat pengakuan dari United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO), dan dikukuhkan sebagai Warisan Budaya Dunia (World Heritage) pada 2 Oktober 2009 di Prancis. UNESCO sekaligus juga menetapkan 2 Oktober sebagai Hari Batik Nasional."

Oleh Wahyu Saputra

Indonesia merupakan salah satu negara yang menyimpan beragam budaya. Sesuai yang tercatat di id.wikipedia.org bahwa Indonesia terdapat lebih dari 300 kelompok etnik atau suku bangsa, lebih tepatnya 1.340 suku bangsa menurut sensus BPS tahun 2010. Maka dari jumlah suku itu lahirlah beragam budaya dan karya yang menyinari dunia, salah satunya batik.
Sebenarnya, batik sudah ada sejak zaman nenek moyang ketika Indonesia masih dalam bentuk kerajaan, terutama bagi suku Jawa. Kemudian bertahan dan berkembang hingga sekarang. Batik berasal darigabungan dua kata bahasa Jawa: amba, yang bermakna ‘menulis’ dan tik yang bermakna ‘titik’, sehingga batik bisa diartikan sebagai menulis titik, atau batik sebagai kain yang bertuliskan lukisan dan titik.
Batik bukan hanya ada di Indonesia, tetapi juga terdapat di Malaysia, Singapura, China, India, bahkan Jepang. Namun adanya batik negara tetangga tersebut tidak akan menyurutkan semangat dan pesona batik tanah air. Batik Indonesia bahkan mendapat pengakuan dari United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO), dan dikukuhkan sebagai Warisan Budaya Dunia (World Heritage) pada 2 Oktober 2009 di Prancis.
Batik menjadi style fashion model dan artis papan atas. (tulisanpria.wordpress.com)
Sebelumnya, batik pertamakali diperkenalkan ke dunia oleh Presiden Soeharto, ketika Konferensi PBB. Kemudian tanggal 2 Oktober 1999 batik Indonesia secara resmi juga sudah diakui oleh UNESCO dan dimasukkan ke dalam daftar Representatif sebagai Budaya Tak-benda Warisan Manusia (Representative List of the Intangible Cultural Heritage of Humanity) pada Sidang ke-4 Komite Antar-Pemerintah (Fourth Session of the Intergovernmental Committee) tentang Warisan Budaya Tak-benda di Abu Dhabi.
Adanya pengakuan dari UNESCO pada 2 Oktober itu, sekaligus menjadikannya sebagai menetapkan sebagai Batik Day. Tentunya Batik Day sebagai momen penting bagi masyarakat Indonesia. Pada hari batik ini, beragam lapisan masyarakat bergaya memakai baju tenunan batik, yang lebih kekinian, seperti dalam bentuk kemeja, kaos, celana, topi, sweater, bahkan jaket.
Pada Batik Day ini di Indonesia diwarnai berbagai corak batik, serta memakai batik diartikan sebagai simbol masyarakat Indonesia yang budaya. Uniknya lagi, baik di kalangan pemerintahan, pegawai BUMN, lembaga, maupun institusi swasta lainnya juga memiliki seragam batik khusus. Hal ini juga menginspirasi di dunia pendidikan, terutama di sekolah ada hari-hari tertentu yang diharuskan memakai batik.
Dulu mungkin masih banyak orang menganggap baju batik itu kuno, dan penampilannya culun. Jika kita melihat tampilan batik Indonesia sekarang, anggapan itu tentunya salah besar. Batik Indonesia saat ini sudah menjalar ke segala aspek fashion dan mode. Berbagai produk sudah diwarnai corak batik, bukan hanya kain, pakaian, tetapi juga sudah merambah produk tas, sepatu, dan bahkan industri kreatif lainnya yang lebih kekinian.
Tentunya, berbagai produk dari bahan batik Indonesia ini selalu mengutamakan kualitas, serta khas budaya Indonesia. Produk batik Indonesia, terutama pakaian sudah menjadi trendy di dunia fashiondengan bermacam motif, seperti motif geometris, flora, fauna, bahkan benda alam. Proses pembuatannya pun bisa dengan tulis (batik tulis), cap (batik cap), serta printing (batik printing). Tentunya, beda cara pembuatan beda pula hasil dan kekhasannya.

Batik pun menjadi trend oleh SNSD, grup musik asal Korea (www.madiunpos.com)
Berdasarkan Liputan6.com, pengusaha Jerman bahkan memborong batik buatan Indonesia pada pameran Bangkok International Fashion Fair and Bangkok International Leather Fair(BIFF & BIL) di Bangkok, Thailand, pada tanggal 9 hingga 13 Maret 2016 2016. Tentunya isi sangat membanggakan karena produk batik Indonesia juga menjadi trendy di mata masyarakat luar Indonesia.
Selain itu beberapa selebriti dunia juga menjadikan batik sebagai salah satu style fashion mereka. Misalnya saja Paris Hilton, salah satu pewaris Hilton grup yang bangga memakai batik khas Indonesia di jalanan New York, kemudian Jesica Alba, Drew Barrymore, Rachel Bilson, Adele, Reese Witherspoon, Lenka, Bono, Adele, Bill Gates, Nelson Mandela, Nicole Richie, Zinedine Zidane, Santana, dan Julia Robertas, menjadi penggemar batik, sekaligus menjadikan batik sebagai salah satu koleksi fashionnya. Batik pun sangat disukai oleh beberapa kepala negara seperti Ratu Elizabeth II, Ratu Sophie dari Spanyol, Ratu Juliana dari Belanda bahkan Bill Clinton, terutama batik hasil desainer batik Nusjirwan Tirtaamidjaja (Iwan Tirta).
Saat ini, batik tidak hanya ditemukan di pulau Jawa, tapi sudah bisa dijumpai diberbagai daerah, yang memiliki berbagai corak dan motif, seperti Aceh, Kalimantan, dan  bahkan Papua. Selain diproduksi secara tradisional di daerah-daerah tertentu, batik pun kini sudah merambah ke dunia industri. Para pengrajin dan penggelut industri kreatif memanfaatkan peluang ekonomi, sekaligus juga ikut serta menduniakan batik

Grup Band "One Direction" menyukai batik Indonesia  (www.ciamispost.com)
Kita tentunya merasa bangga karena telah menjadi bagian dari pemilik warisan dunia. Keanggunan dan kekhasan corak sebagai cerminan budaya yang dimiliki batik Indonesia telah membuka mata dunia dengan segala gayanya. Maka sudah sepatutnya kita lebih menghargai budaya kita sendiri, budaya Indonesia, dengan memakai batik sebagai warisannya dunia, tentu warisan kita bersama.
Harapannya, pada seluruh masyarakat Indonesia agar lebih mencinta budaya batik, budayanya Indonesia yang mendunia. Tentunya tidak lagi menganggap batik sebagai produk kuno, pakaian norak, dan sebagainya. Namun marilah kita melihat dengan nyata, bahwa batik telah menjadi sebagai sebuah ikon warisan dunia, dari Indonesia. Percayalah, dengan memakai dan mencintai batik style fashion tidak akan luntur, bahkan akan terlihat lebih anggun, berwibawa, dan mempesona.

 Ayo, cintai budaya kita. Batik Indonesia sebagai warisan dunia dari Indonesia! Tentunnya warisan dunia ini menjadi kebanggan kita bersama. Agar lebih tahu kiprah batik Indonesia, pecinta batik bisa simak sipak terjang dan perkembangnya di http://www.jogjabatikbiennale.com/*
Share:

No comments:

Post a Comment

Biasakan Tinggalkan Komentar Setelah Baca. Terima Kasih !

TERKINI

POPULER

TERKINI

Ragam

ARSIP

TOTAL PENGUNJUNG