Jawa Tengah, Pesona Alamnya Indah dan Situs Budayanya Megah

Candi Borobudur sebagai situs Warisan Dunia (wikimedia.org)
Pulau Jawa memang objek dan tujuan wisata yang sangat menarik dikunjungi. Bagai para pelancong, salah satunya jangan lupa ke Jawa Tengah. Sebab, di salah satu provinsi yang banyak melahirkan pahlawan dan pejuang nasional ini, menyimpan berbagai alam yang mempesona. Selain itu, Jawa Tengah yang kental dengan adat dan budaya Jawa ini juga terdapat berbagai bangunan atau situs peninggalan di zaman kerajaan.

Negeri Seribu Candi
Salah satu situs bangunan yang terkenal, bahkan sudah diakui oleh seluruh dunia ialah Candi Borobudur di Magelang, dan situs Sangiran di Sragen. Meskipun sebenarnya saya baru dua kali berkunjung ke Jawa Tengah, khususnya ke Candi Borobudur, saya menilai bangunan Candi Borobudur bukanlah bangunan yang diciptakan dengan tangan-tangan orang biasa. Sebab, sampai saat ini belum ada yang bisa menyerupai bangunan seperti itu.

Lebih menakjubkannya lagi, terbukti bahwa Candi Borobudur dimasukkan dalam situs peninggalan dunia World Heritage oleh UNESCO, termasuk Sangiran di daerah Sragen. Bangunan-bangunan candi memang merupakan situs bersejarah yang memiliki cerita yang sangat panjang, terutama di zaman kerajaan. Bangunan candi ini tentu sangat erat dengan  proses pembentukan Jawa Tengah dari masa ke masa hingga sampai saat ini.

Berdasarkan yang tercatat di wikipedia, Jawa Tengah juga masih memiliki berbagai macam bangunan candi lainnya, seperti Candi Arjuna, Candi Asu, Candi Banon, Candi Bima, Candi Bubrah, Candi Angin, Candi Bubrah (Jepara), Candi Canggal, Candi Dukuh, Candi Kahuripan, Candi Pendem, Candi Selogriyo, Candi Umbul, Candi Ceto, Candi Gatotkaca, Candi Gedong Songo, Candi Gunung Wukir, Candi Gunungsari, Candi Karangnongko, Candi Kethek, Candi Liyangan, Candi Losari, Candi Lumbung, Candi Lumbung Sengi, Candi Mendut, Candi Merak, Candi Ngawen, Candi Ngempon, Candi Sojiwan, Candi Pawon, Candi Plaosan, Candi Pringapus, Candi Sewu, Candi Sukuh, serta kompleks percandian Arjuna.

Setiap bangunan candi tersebut memiliki cerita dan makna yang berbeda pula. Tentu ada kisah dibalik berdirinya bangunan-bangunan itu, terutama kisah para pendahulu yang memimpin Jawa Tengah pada masa kerajaan, apalagi sampai saat ini Keraton Solo dan Keraton Yogyakarta masih berdiri kokoh, yang sangat erat kaitannya dengan zaman kerajaan. Banyak bangunan-bangunan candi ini, memantaskan Jawa Tengah mendapat julukan negeri seribu candi. Kemegahan bangunan candi ini bisa sebagai tujuan tempat wisata peninggalan budaya yang tidak terlupakan.

Puluhan Wisata Alam yang Eksotis
Selain adanya bangunan candi, atau situs budaya yang megah itu, di Jawa Tengah juga terdapat berbagai tempat wisata alam yang eksotis dan mempesona. Wisata alam yang ditawarkan oleh Jawa Tengah mampu memukau wisatawan lokal, bahkan pelancong dari mancanegara. Tempat wisata yang ada di Jawa Tengah pun beragam, ada air terjun, pantai, bahkan wisata kota.
Air terjun Jumog di Karanganyar Jawa Tengah (www.visitindonesia.travel)
Jawa Tengah juga memiliki sebanya 32 wisata indah, dan menarik dikunjungi, seperti Pantai Sigandu, Pantai Ujungnegoro, Pantai Randusanga Indah, Pantai Teluk Penyu, Pantai Indah Widarapayung, Pantai Teluk, Pantai Morosari, Pantai Kartini, Pantai Bandengan, Pantai Pulau Panjang, Pantai Ayah, Pantai Petahanan, Pantai Karang Bolong, Pantai Suwuk, Pantai Suwuk, Pantai Sendang Sikucing, Pantai Depok, Pantai Wonokerto, Pantai Pasir Kencana, Pantai Slamaran, Pantai Blendung, Pantai Widuri, Pantai Tingkir, Pantai Jatimalang, Pantai Alam Indah, Pantai Ketawang, Pantai Purwahamba, Pantai Caruban, Pantai Marina, Pantai Nampu, Pantai Sembukan, Pantai Bopong, dan Pantai Maron.

Selain itu juga ada tempat wisata dengan pemandian di Jawa Tengah, yaitu air terjun yang dikenal dengan sebutan curug, seperti Air Terjun Jumog Karanganyar, Air Terjun di Curug Lawe, Curug Pletuk, Curug Sikopel, Curug Penganten, Curug Bajing, Curug Klenting Kuning Curug Pitu, Curug Nangga, Air Terjun Curug Winong, Curug Sewu, Curug Bengkawah, Curug Bayan, Air Terjun Kedung Kayang, Air Terjun Curug Cibedil, Curug Benowo, Curug Telu, Curug Cipendok, Curug 7 Bidadari, Air Terjun Kali Pancur, Air Terjun Grogan Sewu,  pemandian air panas dan Air Terjun Gonoharjo.

Wisata Kota dan Ragam Kuliner Khas Jawa Tengah
Selain wisata alam, Jawa Tengah juga memiliki berbagai tempat wisata kota yang wajib pelancong kunjungi, seperti Lawang Sewu Semarang, Kota Lama Semarang, Jalan Pahlawan Semarang, Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat Solo, Baturaden di Banyumas, Dieng di Wonosobo, serta Ngarsopura Night Market Solo.
Soto Kudus yang terkenal di Jawa Tengah (masfikr.com)
Namun jika merasa lapar, tidak perlu khawatir, karena wisatawan atau pelancong bisa menikmati berbagai macam kuliner khas Jawa Tengah. Adapun makanan Jawa Tengah yang terkenal, seperti Tempe Mendonan, Telur Asin, Brekecek, Sroto Purbalingga, Sup Senerek, Mangut Beong, Dawet Ireng Purworejo, Tahu Petis, Sego Liwet, Tahu Susu, Sambel Lethok, Nasi Grombyang, Lumpia Semarang, Enting-enting Gepuk, Nasi Gandul, Rondo Royal, Soto Kudus, Gethuk, Wajik, Manggut Beong, Garang Asem, Getuk Goreng, Jenang Kudud, dan Mie Ongklok.

Kedengarannya, namanya memang asing bagi orang di luar Jawa Tengah, apalagi bagi selain orang Jawa. Jangan tertipu dengan namanya, meskipun namanya begitu asing, namun rasanya pasti maknyus dan kental dengan nuansa jawa, seperti manis, asem, dan sedikit pedas. Sebab, mayoritas masakan Jawa tidak terlalu pedas, termasuk di Jawa Tengah. Berminat? Monggo melancong ke Jawa Tengah segera.”

_________________________________________________________________________________
# Tulisan ini diikusertakan dalam lomba blog PesonaJawa Tengah
Share:

No comments:

Post a Comment

Biasakan Tinggalkan Komentar Setelah Baca. Terima Kasih !

TERKINI

POPULER

TERKINI

Ragam

ARSIP

TOTAL PENGUNJUNG