Catat! ini Agenda Wisata Budaya Sumbar Sepanjang Agustus 2018



PARA petualang, kamu ada rencana apa di Agustus 2018 bulan depan? Jika belum punya planning, ada beberapa rekomendasi untuk mengunjungi Sumatera Barat nih. Pasalnya, Agustus 2018 ini ranah Minang menawarkan perhelatan menarik yang wajib dikunjungi.

Kabar baik ini sangat cocok bagi kamu yang suka bertualang sekaligus menikmati budaya dan pesona pariwisata di ranah Minang. Informasi dari Dinas Pariwisata Sumbar, ada lima even beragam yang ditawarkan sepanjang Agustus 2018 ini.

Even ini sebagai upaya meningkatkan kunjungan wisatawan ke Sumbar, dengan perhelatan berbasis budaya dan petualangan. Adapun lima even yang menawarkan eksotisme pesisir pantai dan pesona wisata petualangan yang menguras adrenalin ini, ialah sebagai berikut.

FESTIVAL DRAGON BOAT
Festival International Dargon Boat (FIDB) atau Perahu Naga ini sudah dimulai sejak tahun 2002 di Kota Padang. Jadi tahun 2018 ini merupakan yang ke-16 kalinya. Perhelatan ini setiap tahunnya digelar bulan Agustus di Banjir Kanal atau Banda Bakali kawasan GOR Agus Salim Padang.


Festival ini biasanya diikuti oleh puluhan negara. Khusus tahun ini akan diikuti oleh 10 negara, seperti China, Thailand, Singapura dan beberapa negara lainnya. Nah, bagi petualang yang berminat menyaksikan serunya FIDB ini, bisa mengunjungi Kota Padang pada 2-6 Agustus 2018 mendatang, sambil menikmati sajian seni dan budaya khas Padang.

Selain menyaksikan FIDB, di kota bingkuang kamu juga bisa menikmati lokasi wisata halal lainnya. Diantaranya kawasan Pantai Padang, Gunung Padang, Jembatan Siti Nurbaya, Pantai Air Manis, serta Masjid Raya Sumbar, sambil mencicipi berbagai kuliner khas Padang dan Minang secara umum.

SAWAHLUNTO SONGKET CARNIVAL
Kota yang terkenal sebagai Kota Wisata Tambang Berbudaya ini tidak kalah menarik dibanding kota lainnya di Sumatera Barat. Pasalnya, sejak tahun 2015 lalu kota ini mulai menggodok pariwisata dengan Sawahlunto International Songket Carnival (SISCA).


Tahun 2018 ini merupakan perhelatan yang ke-4 kalinya, yang akan digelar pada 24-26 Agustus mendatang. Even ini dilatarbelakangi dengan semangat melestarikan Songket Silungkang, melalui festival unik yang akan menampilkan pagelaran busana berbahan dasar songket.

Tidak tanggung-tanggung, tahun 2015 lalu perhelatan SISCA ini meraih rekor MURI sebagai peserta menggunakan songket terbanyak. Kemudian pada tahun 2017, festival ini termasuk sebagai 10 nominator Festival Pariwisata Terpopuler di ajang Anugerah Pesona Indonesia.

Sebagai Informasi, Songket Silungkang merupakan kain songket hasil tenunan atau kerajinan tangan masyarakat salah satu nagari di Kabupaten Sawahlunto, yakni Nagari Silungkang. Songket Silungkang sangat terkenal sejak dulunya, yang sudah turun-temurun dari nenek moyang Nagari Silungkang.

SILOKEK ADVENTURE
Silokek Adventure ini merupakan salah satu even relatif baru di Sumatera Barat. Tapi jangan khawatir, even ini sangat menarik apalagi bagi yang suka berpetualang penuh tantangan. Pasalnya, kegiatan ini menggabungkan sejumlah kegiatan menguji adrenalin, seperti balap sepeda motor, rafting, panjat tebing, arung jeram, dan kano.


Selain itu, pengunjung juga bisa menikmati eloknya Nagari Silokek. Sebab, nagari yang berada di Kabupaten Sijunjung Sumbar ini menawarkan beragam lokasi wisata yang potensial. Nagari Silokek sangat indah, yang dihiasi sungai, tebing berbatu, serta lembah sepanjang Nagari Muaro, Silokek, dan Durian Gadang.
Sepanjang kawasan ini pengunjung bisa menghirup udara segar sambil menikmati keelokan alamnya. Seperti pantai pasir putih, panorama ngarai batu berjajar, wisata gua (ngalau), taman anggrek, air terjun, wisata lokomotif uap peninggalan Jepang, atau bisa menikmati segarnya air di tempat pemandian air panas.
MOUNT TALANG CLIMBING
Talang sangat dikenal dengan salah satu gunung berapi yang aktif, yakni Gunung Talang. Bagi kamu hobi berpetualang ada baiknya mengikuti even Mount Talang Climbing, yaitui wisata yang menawarkan pendakian Gunung Talang di Kecamatan Gunung Talang Kabupaten Solok Sumatera Barat.


Even ini bertepatan dengan peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia ke-73 tahun, yaitu 17 Agustus 2018 mendatang. Gunung Talang, merupakan gunung cantik yang menjulang di tengah-tengah empat kecamatan, yakni Kecamatan Danau Kembar, Lembah Gumanti, Lembanag Jaya, dan Gunung Talang.

Gunung Talang merupakan salah satu spot pendakian yang sangat ramai pada 17 Agustus, yang akan memberikan momen yang sulit dilupakan bagi tracker pemula maupun profesional. Gunung Talang bisa ditempuh dengan jalan kaki maupun motor trail. Pada 17 Agustus nanti bendera Merah Putih akan berkibar di ketinggian 2.572 Mdpl ini.

Hutan di pegunungan ini masih cukup alami, yang banyak diisi kehidupan hewan dan tumbuhan liar. Biasanya, menjelang purnama suasana hutan akan ramai oleh suara kicauan burung, suara monyet, dan hewan melata lainnya yang sedang asik kawin. Jangan khawatir, rasa takut akan hilang dengan keindahan bunga edelweis di sepanjang jalur pendakian.

Selain itu, di kaki Gunung Talang kamu bisa menikmati Danau Talang. Sepulang mengikuti even Mount Talang Climbing, kamu bisa menikmati memen lainnya di Danau di Atas dan Danau di Bawah, serta menghirup udara segar di kebun teh, sambil mencicipi kuliner khas Solok, dan membawa pulang buah markisa.

 MANDEH MARITIME FESTIVAL
Mandeh saat ini merupakan salah satu tempat wisata di Pesisir Selatan Sumatera Barat yang sedang naik daun. Dalam meningkatkan kunjungan wisatawan ke Raja Ampat ranah Minang ini, pemerintah setempat akan mengadakan Mandeh Maritime Festival pada tanggal 19-21 Agustus 2018.



Dalam festival ini kamu bisa menikmati sejumlah kegiatan, seperti kuliner tradisional, pegelaran seni, rabab pasisie, sekligus mengikuti kompetisi foto bawah laut. Selain itu, kamu juga bisa menikmati keindahan wisata perairan dengan mengikuti Mandeh Joy Sailing atau diving, dan kontes perahu nelayan tradisional.

Kawasan Taman Nasional Laut Mandeh ini berada di Kecamatan Koto XI Tarusan Pesisir Selatan, berjarak 56 km dari Kota Padang. Banyak yang bisa kamu lakukan untuk menikmati keindahan Mandeh ini, seperti snorkeling, diff jumping, swimming, memancing, scuba diving, camping, sky air, banana boat, dan menikmati keindahan hutan mangrove.

Selain itu, di kawasan Mandeh ini kamu juga bisa mengunjungi Pulau Taraju, Pulau Sutan, Pulau Sironjong Gadang, Pulau Sironjong Ketek, Pulau Marak, Pulau Kapo-kapo, Pulau Cubadak, dan Sungai Nyalo/Gemuruh yang dikenal air terjunnya.

Semoga bermanfaat.

Share:

No comments:

Post a Comment

Biasakan Tinggalkan Komentar Setelah Baca. Terima Kasih !

TERKINI

POPULER

TERKINI

Ragam