Mau Melancong Lebih Mudah? Beli Tiket Kereta Api di KAI Access Aja


SELAMAT weekend, selamat liburan sobat semua. Sudah menentukan tempat liburannya belum? Kalau belum, ranah Minang mungkin bisa menjadi pilihan alternatif untuk menghabiskan waktu bersama family, sabahat, atau yang terkasih.

Jika pun jauh dari keluarga, atau belum punya pasangan yang spesial, mungkin teman seide juga bisa diajak menghabiskan waktu weekend bersama kok. Lagi pula, liburan menyenangkan tidak harus dengan pasangan, bukan? Justru dengan sahabat dekat lebih gokil tanpa jaim.

Begini, jika ingin menikmati weekend-mu di ranah Minang, sangat banyak tempat yang bisa dieksplore, dan akan memenuhi buku catatan harianmu. Apalagi Sumatera Barat memang terkenal dengan wisatanya unik. Mulai dari alam, pantai, sejarah, hingga kuliner.





Terkait moda tranportasi jangan risau. Beragam layanan transportasi umum tersedia di Sumbar. Terutama bagi yang ingin ke Kota Padang, atau Kota Pariaman. Transportasi Kereta Api bisa menjadi pilihan. Selain lebih murah, juga lebih cepat tanpa macet. Biaya juga lebih hemat.

Ada tiga jenis kereta api lokal di Sumbar yang melayani penumpang, seperti Sibinuang dengan rute Padang-Naras Kota Pariaman, Minangkabau Ekspress rute Padang-Bandara Internasional Minangkabau (BIM), dan Lembah Anai rute Katu Tanam-BIM Padang Pariaman.

Beli Tiket Lebih Mudah

Tak perlu khawatir soal tiket. Sekarang membeli tiket bisa lebih gampang melalui aplikasi KAI Access. Pihak PT Kereta Api Indonesia (KAI) membuat kebijakan baru, Mulai 1 September 2019, pembelian tiket harus melalui aplikasi. Termasuk KA lokal Divre II Sumbar.

Pemberlakuan penjualan tiket melalui KAI Access ini, untuk memaksimalkan pelayanan, memberi kemudahan bagi masyarakat, serta mengurangi penumpukan antrean di loket. Melalui aplikasi ini, penumpang bisa memesan tiket dimana saja dan kapan saja.


Kehadiran KAI Access ini juga memenuhi kebutuhan anak muda, yang lebih familiar terhadap gadget. Termasuk sebagai bentuk memenuhi tuntutan zaman, agar bisa bersaing dalam memberi layanan di era revolusi industri 4.0 saat ini.

Cara pembelian tiket melalui KAI Access ini gampang tanpa ribet. Aplikasinya bisa diunduh di playstore gawai pintar masing-masing, alias smartphone. Setelah diunduh, isi data sesuai petunjuk, dan aplikasi langsung bisa digunakan untuk memesan tiket kereta api sesuai tujuan.

Keuntungan Beli Tiket di KAI Access

Tentu banyak keuntungan. Misalnya, pemesanan tiket di KAI Access ini, bisa dilakukan tujuh hari sebelum keberangkatan. Setelah tiket dibeli, tidak perlu lagi mencetak boarding pass di stasiun. Calon penumpang cukup menunjukkan boarding pass elektrik yang diperoleh seusai pemesanan tiket.

Kemudian, tiket KAI Access ini bukan lagi dalam bentuk secarik kertas yang dicetak seperti tiket pesawat iberbagai platform digital. Melainkan hanya dalam bentuk kode QR yang dipindai oleh petugas di stasiun sebelum calon penumpang memasuki area keberangkatan. 

Metode pembayarannya bukan lagi tunai, melainkan bisa dilakukan melalui e-wallet (dompet elektronik) LinkAja. Sehingga disarankan calon penumpang harus menginstal aplikasi LinkAja, untuk memudahkan pembayaran saat pemesanan tiket.

Terkait kekuatan jaringan jangan khawatir, sebab PT KAI sudah mewanti-wanti dengan segala kemungkinan. KAI juga mengklaim jariangn super cepat 24 jam. Keandalan aplikasi KAI Access terus ditingkatkan, termasuk memperbesar bandwith, agar tidak ada hambatan ketika diakses.

Wait, jika masih gaptek teknologi, tiket masih bisa dibeli langsung di loket kok. Hanya saja, akan dilayani tiga jam sebelum keberangkatan. Harus siap antrean, dan siap-siap kehabisan tiket. Tentu karena, petugas KAI memprioritaskan pembelian melalui KAI Acces lebih dulu.

Catatannya, saat ini pembelian tiket melalui KAI Access masih masih satuan. Jumlah pembelian tiket tidak bisa sekaligus banyak atau rombongan. Kalau masalah harga, masih sama dengan harga di loket. Tapi kabarnya nanti ada perbedaan harga.

Kebijakan pembelian tiket kereta api melalui KAI Access ini sudah berlaku di seluruh jaringan KAI seluruh Indonesia. Jadi darimana pun, kita sudah bisa pesan tiket langsung. Paten, kan?

Ayo weekend biar gak galau. Jangan kerja-kerja-kerja terus, kapan lagi menikmati hidup. Jangan seperti aku, acok galak mancaliak asoy tabang. Jadi hiduplah seperti yang sobat mau. Hehee…*

0 Comments