Wisata Eksotis Ranah Minang, Pulau Emas Swarnadwipa Patut Dikunjungi




RANAH Minang memang terkenal dengan daerah yang eksotis. Keindahan alamnya memanjakan mata. Kulinernya mengenang di lidah. Adat dan budayanya yang unik dan khas. Siapapun yang datang ke ranah Minang Sumatra Barat, pasti akan dibuatnya betah.

Begitulah daya tarik ranah Minang yang terkenal dengan budaya matrilineal ini. Perpaduan alam, adat, dan kuliner menyatu dalam satu kultur kehidupan masyarakatnya. Maka tidak salah kiranya, Sumbar memang wajib untuk dikunjungi oleh pelancong atau traveler.

Sayangnya, selama ini orang mengenal Sumbar hanya karena randang atau Sate Padang. Padahal, banyak hal-hal menarik yang dimiliki ranah Minang. Baik kultur adatnya, sejarah, hingga beragam lokasi wisata. Apalagi, baru-baru ini Situs Tambang Batu BaraOmbilin Sawahlunto sudah diakui sebagai Warisan Dunia oleh UNESCO.




Dari segi keindahan alam, ada beragam pulau yang bisa dikunjungi di ranah Minang. Salah satunya pulau Swarnadwipa yang terletak di perbatasan Kota Padang dan Kabupaten Pesisir Selatan. Pulau primadona yang terletak di Teluk Mandeh ini bisa dikunjungi oleh siapa saja.

Perjalanan dari Padang menuju pulau ini, pertama harus melakukan perjalanan darat. Bisa menggunakan motor, travel, bis, atau angkutan umum menuju ke Sungai Pisang dengan waktu tempuh sekitar 30 menit. Kemudian dari Sungai Pisang, bisa menyewa boat yang sudah disediakan masyarakat setempat.

Sewa boat ini sekitar Rp250.000 per orang, dengan minimal 7 orang. Tentu semakin sedikit orangnya sewanya semakin mahal. Begitu pula sebaliknya. Perjalanan dari Sungai Pisang ke pulau Swarnadwipa ini memakan waktu kurang lebih 30 menit pula. Bahkan bisa lebih cepat.




Pulau Swarnadwipa ini memang patut dikunjungi untuk tujuan wisata. Terlebih lagi, di pulau ini sudah ada tempat penginapan yang lumayan lengkap. Ada tempat pemandian, hingga tempat salat bagi yang muslim. Tempat ini tentu sangat cocok bagi pasangan halal untuk berbulan madu.

Apalagi, pulau yang dikenal dengan sebutan ‘pulau emas’ ini areanya cukup private. Jauh dari hiruk-pikuk atau hingar-bingar suasana kota. Tempat sangat nyaman dan sejuk dengan pohon-pohon rindang. Pasir putihnya membentang sepanjang pantai, suasana tenang, dan memanjakan akan membuat pengunjung semakin betah.

Bagi yang ingin berenang, juga sangat cocok di pulau ini. Bisa snorkeling, bermain sampai, berselanjar dengan banana boat, hingga bermain ayunan. Ombak kecilnya yang menyapu bibir pantai akan menambah suasana romantis. Beragam jenis ikan dan biota laut juga bisa menemani suasana weekend dengan kekasih, sahabat, atau keluarga.




Bila tidak cukup menjelajah pulau Swarnadwipa ini, pengunjung juga bisa berwisata ke beberapa pulau lainnya. Diantaranya Pulau Mandeh, Sironjong, Sikuai, Pagang, Pamutusan, dan Pasumpahan. Jarak antar pulau ini sangat dekat. Sekali mendayung, dua hingga lima pulau bisa terlampaui. Terus, nikmat yang mana lagi yang pengunjung dustakan?

Apa kamu tidak berminat menjelajahi wisata ke ranah Minang? Ayo luangkan waktumu. Nikmati hidup sekali-kali. Dijamin tidak akan menyesal, dan pasti ketagihan untuk berkunjung lagi karena jatuh hati.*

0 Comments