Menghalau Penat di Telaga Sunyi Danau Talang



BANYAK cara menghalau penat rutinitas dan kebisingan kota. Salah satunya dengan berpetualang menikmati panorama alam Danau Talang. Letaknya di Nagari Aia Batumbuk, Kecamatan Danau Kembar, Kabupaten Solok, Sumatera Barat.

Kendati tidak terlalu luas, tapi airnya tenang dan lokasinya yang dikelilingi bukit membuat Danau Talang ini begitu nyaman. Danau ini dikenal dengan Telaga Sunyi, karena letaknya yang tersembunyi dan jauh dari keramaian. Pokoknya sangat cocok untuk merefleksi diri.

Bila ingin bermalam dan berkemah di Danau Talang tidak kalah seru dengan camping di gunung. Danau yang terletak di pinggang Gunung Talang ini tentunya sudah berada di ketinggian diatas 1.500 meter di atas permukaan laut (Mdpl).

Bagi traveler yang hobi melakukan perjalanan penuh tantangan, dan menyukai kesunyian, Danau Talang merupakan tempat yang cocok untuk menghabiskan waktu di akhir pekan. Jadi danau kebanggaan orang Solok ini memang cocok memuaskan hasrat petualang dikala weekend.



Jika kamu bisa mengepaskan waktu sampai di Danau Talang sebelum matahari terbenam, tentu saja sangat pas timing-nya buat menikmati senja. Dengan pancarannya merah matahari yang perlahan-lahan menghilang di balik Gunung Talang menuju peraduan. Sungguh menakjubkan.

Jangan lupa bawa jaket yang tebal. Alahan Panjang memang terkenal dengan negeri paling dingin di Ranah Minang, dengan suhu bisa mencapai 14° celcius. Apalagi letak Danau Talang ini berada di pinggang Gunung Talang. Jadi kira-kira traveler bayangkan dinginnya bisa menyerupai camping di gunung.


Bila sudah sampai di kawasan Danau Talang, kita tidak hanya bisa sekedar camping, tetapi juga bisa berkeliling di danau dengan perahu atau sampan nelayan yang bersandar di tepian. Tentunya harus seizin nelayan dulu, kalau bisa minta ditemani, apalagi mendayung bersama orang terkasih.

Selain berkeliling dengan perahu, kita bisa menyiapkan pancingan. Jadi, weekend-nya bakal lebih seru dan asyik. Tentunya ini bagian paling menyenangkan bagi traveler yang hobi memancing. Pokoknya segala penat selama ini akan sirna segera.




Nah, bila pagi hari menjelang, di balik tirai tenda kita bisa menyaksikan birunya danau dan puncak Gunung Talang sekaligus. Dengan sesekali menggenggam tangkai pancing, ditemani secangkir kopi. Atau bila memancingnya berhasil, bisa membakar ikan di pinggir danau untuk santapan.

Usai berkemah, jangan lupa bawa kembali semua sampahnya. Traveler jangan sampai mengotori dan merusak keasrian danau. Sebelum benar-benar meninggalkan lokasi, jangan lupa mengabadikan momen sebagai oleh-oleh untuk di bawa pulang ke rumah. Menceritakan pesona Danau Talang ke dunia. Selamat mencoba !

0 Comments