Pantai Batu Kalang, Destinasi Belitung di Ranah Minang



TIDAK hanya Bangka Belitung yang terkenal kawasan wisata pantai berpasir putih, air biru, dan dipenuhi bebatuan besar. Sebab wisata yang terkenal dengan latar belakang Film Laskar Pelangi itu, juga dimiliki Sumatera Barat.

Namanya Pantai Batu Kalang, yang terletak di Kecamatan Koto XI Tarusan, Kabupaten Pesisir Selatan. Jika mau ke kawasan wisata ini, letak jalurnya searah dengan ke kawasan Mandeh yang sudah terkenal akan keindahannya.

Pantai Batu Kalang ini tidak hanya dipenuhi bebatuan besar namun juga banyak pohon mangrove. Bagi yang sudah pergi ke kawasan ini, pasti mengakui bahwa tempat wisata ini sangat cocok untuk bersantai dan menikmati libur akhir pekan.

Sepanjang perjalanan menuju ke Pantai Batu Kalang ini, di beberapa titik terlihat aktivitas nelayan yang baru pulang atau akan berangkat melaut. Pemandangan yang cukup langka bagi orang yang tidak tinggal di daerah pesisir, atau yang jauh dari kawasan laut.


Tenang, bagi yang ingin liburan ke Pantai Batu Kalang, tidak usah terlalu panik dengan modal pas-pasan. Sebab, masuk ke kawasan tidak perlu merogoh kocek alias gratis. Sangat cocok saat ingin piknik pada akhir bulan, atau saat dompet sedang kempes.

Untuk masuk ke kawasan ini, pengunjung hanya perlu membayar biaya parkir sebesar Rp2.000. Jangan takut kelaparan atau kehausan di tempat ini, sebab ada beberapa kedai kecil menjual makanan dan minuman yang tidak jauh dari pintu masuk.

Setibanya di Pantai Batu Kalang, pemandangan laut yang biru, airnya bersih, kemudian di kelilingi batu-batu besar serta pohon mangrove akan memanjakan mata pengunjung. Destinasi wisata Pantai Batu Kalang relatif ini memang lebih sepi, karena belum begitu populer seperti Pantai Berlayar Belitung.

Namun jika beruntung mengunjungi pantai ini saat air laut surut, maka keindahan tersebut akan terlihat dua kali lipat. Surutnya air memberikan kemudahan untuk dapat lebih menjelajahi apa yang istimewa dari Pantai Batu Kalang tersebut.

Kawasan ini sangat sangat direkomendasikan untuk menyegarkan fikiran setelah penat dari rutinitas harian. Jika datang ke Pantai Batu Kalang, jangan lupa membawa kamera atau telepon pintar yang memiliki kamera mumpuni untuk mengabadikan momen di pantai yang indah ini.

Banyak spot foto yang menarik untuk dibidik. Terutama di sekitar bebatuan besar dengan latar belakang lautan berair biru dan di antara pohon-pohon bakau. Momen-momen foto yang dihasilkan itu akan menyegarkan timeline instagram. Jadi sangat cocok bagi sosialita.

0 Comments