Notebook Switch Alpha 12 Sangat Cocok untuk Karyawan yang Hobi Menulis

Notebook Switch Alpha 12 yang menggunakan sistem pendingin LiquidLoop (www.acerid.com)
Halo! Hei para pemburu waktu, sekarang Acer sedang mengeluarkan produk terbaru dengan display 12 inci resolusi tinggi nih. Kerennya lagi notebook produk dari Acer ini sudah dilengkapi teknologi In-Plane Switcing (IPS), serta Quartter High Definition (QHD) multi touch beresolusi 1.260 x 1.440 piksel. Sehingga area pandang lebih luas seluas mata memandang, dengan resolusi setajam mata elang. Pasalnya, Switch Alpha 12 ini merupakan Notebook Hybrid Intel Core pertama tanpa kipas di dunia.

Seperti yang kita ketahui, Acer selalu dan terus berinovasi. Buktinya Acer merilis Switch Alpha 12 ini, selain beresolusi tinggi juga dilengkapi dengan fitur anti radiasi. Sehingga sangat cocok dipakai untuk bekerja dengan spreadsheet. Misalnya saja bagi yang suka berlama-lama, atau kerjanya tidak bisa jauh dari komputer, terutama sebagai writer, blogger, journalis, transletter, karyawan, ataupun mahasiswa.

Notebook ini sangat cocok bagi siapapun, apalagi yang hobi bergelut dengan dunia tulis-menulis. Apapun profesi yang sedang disandang, sekaligus juga hobi menulis, baik fiksi atau non-fiksi sangat Switchable dengan menggunakan Acer Switch Alpha 12 ini. Misalnya saja profesi saya sekarang sebagai journalis, blogger, dan writer, tapi juga aktif sebagai karyawan dan mahasiswa. Mau tidak mau, saya harus terbiasa cekatan, ulet, dan super aktif menggunakan waktu agar terus bisa menghasilkan produk, yaitu tulisan setiap hari. 

Disamping menjalani kewajiban, baik sebagai mahasiswa yang akhir-akhir ini sibuk dengan mengerjakan Tesis, ataupun sebagai karyawan di sebuah media, saya juga tidak bisa meninggalkan hobi sebagai "writer" untuk dikirim ke media lainnya, baik opini, puisi, cerpen, maupun cerita anak. Sebab, selama ini saya akui banyak faktor yang bisa menghambat kinerja, apalagi harus siap dikejar deadline. Tahukan, bagaimana ribetnya dan menantangnya profesi jurnalis? Tahukan bagaimana menumpuknya tugas yang harus dirampungkan sebagai mahasiswa?

Selama ini saya sering letih berhadapan dengan laptop atau komputer. Misalnya mata sering lelah, dan kemerahan laptop cepat panas, baterai cepat habis sehingga harus bawa carger kemana-mana, bahkan laptop juga sering hang, atau peformanya sangat lemot. Padahal sebagai jurnalis harus bisa mencari, menghimpun, dan mengolah, serta menyampaikan informasi atau berita yang akurat, proporsional, serta profesional, dan tepat waktu. Setelah saya mengetahui informasi hadirnya Acer Switch Alpha 12, saya sangat bermimpi untuk bisa memilikinya segera. Sebab, saya semakin merasa Notebook Switch Alpha 12 ini sebagai Acer Switchable Me  dengan profesi dan hobi yang saya geluti.

Acer Switch Alpha 12 multifungsi (jangantulalit.com)
Selain itu, saya tertarik Acer Switch Alpha 12 ini karena sudah didukung dengan sistem operasi menggunakan OS Windows 10 Home 64-bit. Selain itu, saya juga bisa memilih dua versi prosesor yang berbeda, yaitu didukung prosesor Intel Core i5 dan Core i7. Sebab kedua versi Switch Alpha 12 ini juga memiliki spesifikasi. Switch Alpha 12 prosesor i5 dilengkapi RAM 4 GB dan memori internal 256 GB SSD, dan Switch Alpha 12 prosesor i7 dilengkapi RAM 8 GB, dan memori internal 512 GB SSD. 

Tabel Spesifikasi Switch Alpha (SA5-271)
Processor
●     Intel® Core™ i5-6200U processor (3 MB L3 cache, up to 2.8 GHz)
●     Intel® Core™  i7-6500U processor (4 MB L3 cache, up to 3.1 GHz)
OS
Windows 10 Home 64-bit
Storage
●     256GB SSD
●     512GB SSD
Memory
●     4GB DDR3
●     8GB DDR3
Graphic
Intel® HD Graphics 520
Connection
●     Wifi 802.11a/b/g/n/ac
●     Bluetooth® 4.0
Battery Capacity
4,870 mAh / up to 8 hours
Display
12″ IPS QHD (2160 x 1440) Multi Touch
Dimension
292.1 (W) x 201.4 (D) x 15.85 (H) mm – pad and dock
Weight
1.25 kg
Camera
5 MP Camera
Port
●     1x USB 3.0
●     1x USB 3.1 Type C
●     1x Micro SD card slot
Color Options
Silver

Dengan spesifikasi Switch Alpha 12 yang lengkap di atas, notebook ini bisa saya kantongi dengan harga Rp.13.799.000., untuk Core i5, atau Core i7 dengan harga Rp.19.000.000. Jika dilihat dengan angka, harganya memang cukup fantastis. Tapi jika dilihat dengan keunggulan, peforma, dan spesifikasi yang dimiliki oleh Switch Alpha 12, sangat terbayarkan oleh notebook ini. Maka saat ini, saya harus "ngebut" untuk segera bisa memillikinya. 

Sekali-kali saya ingat dengan pepatah minang “kalah mambali, manang mamakai” yang artinya biarpun kita kalah dalam membeli dengan harga tinggi, asalkan kita menang dalam memakai dengan produk yang tahan lama, dan untuk jangka panjang. Jadi, dengan paduan desain inovatif dan menggunakan teknologi canggih yang ditawarkan, Swith Alpha 12 memang sangat cocok menjadi pilihan saya super sibuk  dengan rutinitas ini.


Sejak saya semakin punya "nafsu" untuk mengantongi Notebook Acer Switch Alpha 12, saya selalu bermimpi dengan berbagai kemudahan. Sebab, notebook ini memiliki berbagai keunggulan yang tidak dimiliki kompetitor lainnya. Selain peformanya tinggi, resolusi cepat, ringan, tipis, fleksibel, tahan debu, anti radiasi, serta baterainya juga tahan lama. Sehingga kinerja saya akan bisa meningkat, sekaligus juga betah, dan tidak khawatir berlama-lama untuk "bergaul" di depan Notebook Acer Switch Alpha 12 untuk menghasilkan berbagai karya tulis. Sebab, notebook ini bisa dibawa kemana-mana, dan bisa digunakan kapan pun.

Alasan saya yakin, karena Notebook Swith Alpha 12 ini juga dianggap sebagai notebook hybrid terbaik, sekaligus tablet pertama yang menggunakan sistem pendingin LiquidLoop. Di bawah ini beberapa ulasan keunggulan yang dimiliki Notebook Swith Alpha 12. Yuk, kita intip dulu keunggulan Notebook Swith Alpha 12 ini secara detail.

SISTEM PENDINGIN TANPA KIPAS 
Mayoritas notebook sangat membutuhkan adanya sistem pendingin, selain agar cepat panas, menjaga performa, juga notebook agar tidak cepat hang atau rusak. Tapi sayangnya mayoritas notebook sekarang masih mengandalkan kipas konvensional, bahkan bisa dikatakan manual. Akibatnya ketika dihidupkan, dan kipasnya berputar suasana menjadi bising, sebab kipasnya mengeluarkan suara yang bisa mengganggu kenyamanan, dan konsentrasi ketika kerja.

Notebook Acer Switch Alpha 12 tanpa kipas
(www.acerid.com)
Namun sangat berbeda dengan Notebook Acer Swith Alpha 12, yang tanpa menggunakan kipas konvensional yang masih jadul seperti notebook umumnya. Swith Alpha 12 ini sudah menggunakan teknologi yang lebih canggih, yaitu Acer LiquidLoop sebagai pengganti kipas konvensional selama ini. Pasalnya Acer LiquidLoop ini hadir dengan mengandalkan pipa yang berisikan cairan pendingin agar suhu prosesor Intel Core i Series tetap bisa stabil secara lebih optimal, yang biasanya hanya digunakan untuk perangkat prosesor Intel Core M.

Swith Alpha 12 mampu beroperasi dengan senyap atau tanpa mengeluarkan suara, agar tidak mengganggu konsentrasi ketika bekerja, atau mengganggu orang lain di sekitarnya. Apabila selama ini notebook yang dipakai sering membuat suhu overheat, yang bisa merusak motherboard, jangan khawatir sebab sistem pendingin Acer LiquidLoop ini juga mampu membebaskan notebook dari debu. Sehingga notebook tahan lama dan akan tahan lama.

Selain itu, notebook hybrid Swith Alpha 12 ini tidak memiliki ventilasi udara. Jadi saat notebook ini dipangku, atau diletakkan di atas kasur pun terasa nyaman. Tapi yang jelas, sistem pendingin tanpa kipas (fanless) ini pun sangat membantu untuk menghemat daya tahan baterai. Pasalnya, daya tahan baterainya berkapasitas cukup besar, yaitu 4.870 mAh yang bisa tahan hingga 8 jam. Sehingga Notebook Swith Alpha 12 ini bisa digunakan dalam waktu lama tanpa harus mencas baterai berulang kali. 

DESAIN RAMPING DAN FLEKSIBEL 
Zaman sekarang pada umumnya semua orang lebih suka yang ramping-ramping, apa lagi dalam mencari pasangan. Selain sedap dipandang mata, namun juga nggak neko-neko. Nah, seperti itu pula dengan Notebook Swith Alpha 12 yang didesain dengan bodi ramping, tipis, dan berbobot ringan. Sehingga Swith Alpha 12 ini sangat efisien dibawa untuk kerja dimana pun, apalagi bagi orang yang super aktif.

Selain itu, Swith Alpha 12 pun sangat fleksibel karena bisa diubah sesuai kebutuhan, bisa dijadikan mode tablet, atau dijadikan notebook. Caranya sangat gampang, hanya melepas, atau memasang keyboard docking yang dilengkapi engsel magnet. Gunanya engsel magnet ini ialah untuk melepas atau memasang keyboard Swith Alpha 12 dengan cepat dan aman tanpa khawatir notebook-nya rusak.

Notebook Acer Switch Alpha 12 ramping dan ringan
(www.acerid.com)
Uupps... jangan menganggap keyboard docking ini hanya sekedar aksesoris lho. Sebab, keyboard docking ini sebenarnya juga berfungsi sebagai screen protection. Kali ini Acer mendesainnya dengan super tipis, 15, 85 mm dengan dimensi 292,1 x 201,4 x 15, 85 mm, dengan bobot 1, 25 kg. Tapi jika dihitung berat tabletnya saja, Switch Alpha 12 ketebalannya hanya 9,5 mm, dangan berat 900 gram. Wow! Super ringan.

Canggihnya lagi, keyboard docking notebook Switch Alpha 12 ini sudah dibekali lampu backlit agar pengguna tetap bisa mengetik meskipun dalam ruangan yang pencahayaannya kurang. Selain itu, keyboard ini pun sudah dilengkapi dengan kickstand yang bisa diatur sudutnya hingga 165 derajat sesuai yang diinginkan. Sehingga, melakukan apapun, baik mengetik, menggambar, atau berselancar di dunia maya pun lebih bebas dan nyaman.

PEFORMA KENCANG DAN DIDUKUNG FITUR UNGGULAN TERDEPAN
Swith Alpha 12 merupakan jawaban yang tepat bagi yang membutuhkan notebook 2 in 1 dengan performa yang bertenaga tinggi. Sebab, Acer telah menancapkan prosesor Intel Core i Series generasi ke- 6 yang kinerja kencang, kuat, dan hemat energi. Sehingga Swith Alpha 12 semakin masyarakat dipercaya berada di level lebih tinggi, dibanding produk sejenis lainnya yang masih mengandalkan prosesor Intel Core M.

Bukan itu saja, pada Swith Alpha 12 ini Acer juga menyediakan fitur teknologi terdepan  seperti port USB Type C dengan USB 3.1 Gen 1. Sehingga bisa mentransfer data lebih cepat hingga 5 Gbps, atau 10 kali lebih kencang dibanding USB 2.0. Uniknya lagi, port USB Type C sekaligus juga berfungsi sebagai output video dan sumber daya hingga 4.5 W untuk gadget yang kita miliki.

Peforma kencang dengan fitur unggulan (www.acerid.com)
Bagi yang super aktif bekerja di depan komputer, biasanya mata sering berkunang-kunang atau lelah. Jangan khawatir, sebab Swith Alpha 12 sudah dilengkapi dengan fitur anti radiasi sekaligus juga fitur Acer BlueLight Shield. Fitur ini merupakan teknologi yang mampu melindungi mata dari emisi cahaya biru dari layar notebook. Sehingga mata tidak cepat lelah dan kering, meskipun harus berlama-lama di depan notebook untuk mengerjakan tugas.
Bahkan lebih dari itu, Notebook Swith Alpha 2 in 1 yang canggih ini juga memberikan kita kenyaman yang lebih. Sebab, notebook Acer ini dilengkapi dengan stylus pen yang mampu mendeteksi sensor tekanan pada layar secara lebih presisi. Stylus pen dilengkapi dengan sensitivitas hingga 256 tingkat tekananan, sehingga menulis lebih mudah dan rapi. Tentunya adanya stylus pen ini, kita bisa menggunakan notebook ini sebagai laptop atau tablet dengan lebih nyaman. Selain itu, Stylus pen ini juga sangat berguna untuk fitur Windows Ink, sehingga lebih gampang ketika presentasi di depan klien.

Ayo, gimana? Apakah tertarik juga seperti saya ingin memiliki notebook ini? Atau masih ada keraguan dengan Notebook Swith Alpha 12 produk tercanggih Acer ini? Jangan sampai ketinggalan, lho. Buruan datangi dan dapatkan informasi lebih detail ke counter-counter Acer Indonesia terdekat di kota pembaca semua. Entar keburu habis, nyesal...... Heheheee...
Semoga Bermanfaat, semoga saya juga bisa memilikinya segera!
 _________________________________________________________________________________
# Tulisan ini diikutsertakan dalam lomba blog  Acer Switchable Me Story Competition

Share:

5 comments:

  1. sebagai mahasiswa yg sedang mengerjakan tesis, memang butuh banget notebook dgn performa terbaik

    ReplyDelete
  2. waaahh... notebook sedang jadi incaran nih...
    thanks infonya.. (y)

    ReplyDelete
  3. Mas saya mau tanya masalah penggunaan penanya untuk menulis. Itu pada aplikasi apa iya? Maklum pengguna baru

    ReplyDelete

Biasakan Tinggalkan Komentar Setelah Baca. Terima Kasih !

TERKINI

POPULER

Ragam

TERKINI

TOTAL PENGUNJUNG